Minggu, 26 Juni 2016

CompFest 8 IoT Academy UI 2016

Tantang Dirimu dengan Mengikuti IoT Academy CompFest 8 dan Jadilah Startup Baru!

Poster Academy CompFest 8 - Copy
Kemeriahan CompFest 8 UI sudah dibuka pada kamis (12/5) yang lalu. CompFest 8 kali ini hadir dengan berbagai rangkaian acara yang menarik dan pastinya bermanfaat. Salah satunya kegiatan yang menarik dan bermanfaat adalah akan dihadirkannya kegiatan Academy yang diperuntukkan para IT Enthusiast Internet Of Things dan terbuka bagi mahasiswa maupun umum.
Kegiatan Academy CompFest 8 ini dikhususkan untuk tema Internet of Things atau yang biasa disingkat IoT merupakan akademi yang menggunakan konsep pengintegrasian benda dan sambungan internet. Peserta IoTAcademy merupakan tim yang terdiri dari maksimal 3 orang dan setiap tim boleh memilih satu tema yang akan dikembangkan. IoT Academy yang baru pertama kali hadir di CompFest membawa tema Smart City yang terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Transportation & Public Facility, Healthcare & Sanitation, dan Disaster. Selain itu juga, akan disedikan hadiah menarik untuk 3 tim dan hasil karya potensial milik peserta berkesempatan untuk direalisasikan oleh Intel.
Startup Academy CompFest 8 adalah sebuah akademi yang diselenggarakan untuk membina para perintis startup khususnya para mahasiswa untuk dapat mengembangkan startup. Bekerja sama dengan Skystar Ventures, GEPI, dan Direktorat Inovasi dan Inkubasi Bisnis Universitas Indonesia. Startup Academy CompFest 8 akan mengadakan pelatihan yang berlangsung dengan beberapa tahapan, salah satunya adalah tahap tatap muka dengan mentor. Peserta yang dibentuk dalam tim akan mendapatkan ilmu-ilmu baru dari pada mentor yang merupakan para startup expert.
Pendaftaran untuk IoT Academy dan Startup Academy akan resmi dibuka pada tanggal 30 Mei – 26 Juni 2016. Academy CompFest 8 hadir dengan tujuan untuk memajukan dan mengembangkan ide dan karya anak bangsa. Segera daftarkan diri kamu sebelum terlambat. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website CompFest di compfest.web.id dan terus pantau media kami di Twitter @CompFest dan Facebook CompFest untuk informasi mengenai rangkaian acara lainnya lainnya di CompFest 8.
Poster Academy CompFest 8
sumber: codepolitan.com

Samsung Tizen Developer Workshop Diadakan di 6 Kota


Samsung Tizen Developer Workshop Diadakan di 6 Kota

1
Tizen merupakan open source project untuk sistem operasi yang berbasis modifikasi Kernel Linux dan Runtime WebKit. Tizen dapat berjalan di perangkat smartphone, wearable ataupun compliance devices. Samsung sebagai salah satu vendor teknologi besar di dunia mempercayakan Tizen sebagai salah satu OS di beberapa jajaran device terbaru nya.
Samsung Tizen Developer Workshop adalah workshop yang diadakan oleh Dicoding Indonesia, Dailysocial, dan Samsung Indonesia untuk membahas Sistem Operasi di device terbaru Samsung yang akan menyambangi Indonesia dalam waktu dekat ini.
Beberapa materi yang dibahas di dalam meetup ini adalah :
  • Pengenalan mengenai Tizen OS dan Samsung Gear.
  • Langkah awal membuat aplikasi mobile berbasis Tizen menggunakan Tizen SDK.
  • Tizen Store dan mekanisme untuk publish aplikasi.
Persyaratan Peserta :
  • Membawa laptop pribadi
  • Sudah memiliki XP di Dicoding atau
  • Sudah memiliki aplikasi di Play Store / App Store / Windows Phone Store atau
  • Bekerja di perusahaan yang memiliki aplikasi di Play Store / App Store / Windows Phone Store arau
  • Sudah melakukan verifikasi account store di Dicoding atau
  • Sudah pernah submit aplikasi di Dicoding Store atau
  • Sudah pernah melakukan submit aplikasi ke Challenge atau
  • Sudah pernah menyelesaikan salah satu Academy di Dicoding
Untuk anda yang tertarik mengikuti event berikut dan membutuhkan informasi lebih lanjut. Silakan mengunjungi link berikut sesuai dengan kota dimana anda tinggal :

Mengenal Teknologi Machine Learning

Mengenal Teknologi Machine Learning (Pembelajaran Mesin)acebookTwitter

MLL
Sejarah Machine Learning
Sejak pertama kali komputer diciptakan manusia sudah memikirkan bagaimana caranya agar komputer dapat belajar dari pengalaman. Hal tersebut terbukti pada tahun 1952, Arthur Samuel menciptakan sebuah program, game of checkers, pada sebuah komputer IBM. Program tersebut dapat mempelajari gerakan untuk memenangkan permainan checkers dan menyimpan gerakan tersebut kedalam memorinya.
Istilah machine learning pada dasarnya adalah proses komputer untuk belajar dari data (learn from data). Tanpa adanya data, komputer tidak akan bisa belajar apa-apa. Oleh karena itu jika kita ingin belajar machine learning, pasti akan terus berinteraksi dengan data. Semua pengetahuan machine learningpasti akan melibatkan data. Data bisa saja sama, akan tetapi algoritma dan pendekatan nya berbeda-beda untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Belajar Machine Learning
Machine Learning merupakan salah satu cabang dari disiplin ilmu Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence) yang membahas mengenai pembangunan sistem yang berdasarkan pada data. Banyak hal yang dipelajari, akan tetapi pada dasarnya ada 4 hal pokok yang dipelajari dalam machine learning.
1. Pembelajaran Terarah (Supervised Learning)
2. Pembelajaran Tak Terarah (Unsupervised Learning)
3. Pembelajaran Semi Terarah (Semi-supervised Learning)
4. Reinforcement Learning
Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Machine Learning, kawan-kawan bisa mengikuti course di Coursera dengan instruktur profesor Andrew NG dari Stanford University.
Aplikasi Machine Learning
Contoh penerapan machine learning dalam kehidupan adalah sebagai berikut.
1. Penerapan di bidang kedoteran contohnya adalah mendeteksi penyakit seseorang dari gejala yang ada. Contoh lainnya adalah mendeteksi penyakit jantung dari rekaman elektrokardiogram.
2. Pada bidang computer vision contohnya adalah penerapan pengenalan wajah dan pelabelan wajah seperti pada facebook. Contoh lainnya adalah penterjemahan tulisan tangan menjadi teks.
3. Pada biang information retrival contohnya adalah penterjemahan bahasa dengan menggunakan komputer, mengubah suara menjadi teks, dan filteremail spam.
Salah satu teknik pengaplikasian machine learning adalah supervised learning. Seperti yang dibahas sebelumnya, machine learning tanpa data maka tidak akan bisa bekerja. Oleh karena itu hal yang pertama kali disiapkan adalah data. Data biasanya akan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu data training dan data testingData training nantinya akan digunakan untuk melatih algoritma untuk mencari model yang cocok, sementara data testingakan dipakai untuk mengetes dan mengetahui performa model yang didapatkan pada tahapan testing.
Dari model yang didapatkan, kita dapat melakukan prediksi yang dibedakan menjadi dua macam, tergantung tipe keluarannya. Jika hasil prediksi bersifat diskrit, maka dinamakan proses klasifikasi. Contohnya klasifikasi jenis kelamin dilihat dari tulisan tangan (output laki dan perempuan). Sementara jika kelurannya bersifat kontinyu, maka dinamakan proses regresi. Contohnya prediksi kisaran harga rumah di kota Bandung (output berupa harga rumah).
Dampak Machine Learning di Masyarakat
Penerapan teknologi machine learning mau tidak mau pasti telah dirasakan sekarang. Setidaknya ada dua dampak yang saling bertolak belakang dari pengembangan teknolgi machine learning. Ya, dampak positif dan dampak negatif.
Salah satu dampak positif dari machine learning adalah menjadi peluang bagi para wirausahawan dan praktisi teknologi untuk terus berkarya dalam mengembangkan teknologi machine learning. Terbantunya aktivitas yang harus dilakukan manusia pun menjadi salah satu dampak positif machine learning. Sebagai contohnya adalah adanya fitur pengecekan ejaan untuk tiap bahasa pada Microsoft Word. Pengecekan secara manual akan memakan waktu berhari-hari dan melibatkan banyak tenaga untuk mendapatkan penulisan yang sempurna. Tapi dengan bantuan fitur pengecekan ejaan tersebut, secara real-time kita bisa melihat kesalahan yang terjadi pada saat pengetikan.
Akan tetapi disamping itu ada dampak negatif yang harus kita waspadai. Adanya pemotongan tenaga kerja karena pekerjaan telah digantikan oleh alat teknologi machine learning adalah suatu permasalahan yang harus dihadapi. Ditambah dengan ketergantungan terhadap teknologi akan semakin terasa. Manusia akan lebih terlena oleh kemampuan gadget-nya sehingga lupa belajar untuk melakukan suatu aktivitas tanpa bantuan teknologi.


sumber codepolitan.com

Sabtu, 25 Juni 2016

Fakta Malam Laitul Qadr

Ustadz Farid Okbah: Malam Lailatur Qadr, Pakar NASA Masuk Islam

PAKAR NASA MASUK ISLAM
Oleh: Ustadz Farid Okbah
Sembunyikan Fakta Ilmiah Malam Lailatul Qadar, kepala Lembaga Mukjizat Ilmiah Al-Quran dan Sunnah di Mesir, Dr. Abdul Basith As-Sayyid menegaskan, Badan Nasional Antariksa Amerika (NASA) telah menyembunyikan kepada dunia bukti empiris ilmiah tentang (malam) Lailatul Qadar.
Ia menyayangkan kelompok jutawan Arab yang kurang perhatian dengan masalah ini sehingga dunia tidak mengetahuinya.
Menurutnya, sesuai dengan hadits Nabi bahwa malam Lailatul Qadar adalah “baljah” (بَلْجَة);tingkat suhunya sedang), tidak ada bintang atau meteor jatuh ke (atmosfer) bumi, dan pagi harinya matahari keluar dengan tanpa radiasi cahaya.
Menurutnya, sesuai dengan hadits Nabi bahwa malam Lailatul Qadar adalah “baljah” (بَلْجَة);tingkat suhunya sedang), tidak ada bintang atau meteor jatuh ke (atmosfer) bumi, dan pagi harinya matahari keluar dengan tanpa radiasi cahaya.
”Sayyid menegaskan, terbukti secara ilmiah bahwa setiap hari (hari-hari biasa) ada 10 bintang dan 20 ribu meteor yang jatuh ke atmosfer bumi, kecuali malam Lailatul dimana tidak ada radiasi cahaya sekalipun.
Hal ini sudah pernah ditemukan Badan Antariksa NASA 10 tahun lalu. Namun mereka enggan mempublikasikannya dengan alasan agar non Muslim tidak tertarik masuk Islam.
Statemen ini mengutip ucapan seorang pakar di NASA Corner , seperti yang dikutip oleh harian Al-Wafd Mesir. Abdul Basith Sayyid, Kepala Lembaga Mukjizat Ilmiah Al-Quran dan Sunnah di Mesir, Dr. Abdul Basith As-Sayyid dalam sebuah program di TV Mesir  Sayyid juga menegas kan, pakar Carner akhirnya masuk Islam dan harus kehi langan jabatannya di NASA.
Ini bukan pertama kalinya, NASA mendapatkan kritikan dari pakar Islam. Pakar geologi Islam Zaglol Najjar pernah menegaskan, NASA pernah meri-move satu halaman di situs resminya yang pernah dipublish selama 21 hari. Halaman itu tentang hasil ilmiah yakni cahaya aneh yang tidak terbatas dari Ka’bah di Baitullah ke Baitul Makmur di langit.  
Sayyid menegaskan, “jendela” yang berada di langit itu mirip yang disebutkan dalam Al-Quran.   وَلَوْ فَتْحنَا عَلَيْهِمْ بَابًا مِنْ السَّمَاء فَظَلُّوا فِيهِ يَعْرُجُونَ لَقَالُوا إِنَّمَا سُكِّرَتْ أَبْصَارنَا بَلْ نَحْنُ قَوْم مَسْحُورُونَ    
“Dan jika seandainya Kami membukakan kepada mereka salah satu dari (pintu-pintu) langit, lalu mereka terus menerus naik ke atasnya. tentulah mereka berkata: “Sesungguhnya panda ngan kamilah yang dikaburkan, bahkan kami adalah orang orang yang kena sihir”.” (Al-Hijr: 14)
Saat itu Carner dengan bukti jelas bahwa jagat raya saat itu gelap setelah “jendela” itu tersibak. Karenanya, setelah itu Carner mendekla rasikan keislaman nya.   Setelah Carnar masuk Islam, ia menafsirkan fenomena “mencium Hajar Aswad” atau mengisyaratkan kepadanya – seperti turut Abdul Basith Sayyid – bahwa batu itu merekam semua orang mengisyarat kan kepadanya (dengan lambaian tangan) atau menciumnya.
Carner juga mengungkapkan tentang sebagian potongan Hajar Aswad yang pernah dicuri. Setelah 12 tahun diteliti, seorang pakar museum Inggris menegaskan bahwa batu tersebut memang bukan dari planet tata surya matahari.  
Carnar kemudian mendatangi pakar Inggris itu dan melihat sample Hajar Aswad sebesar biji (kacang) hims. Ia menemukan bahwa batu itu melancarkan gelombang pendek sebanyak 20 radiasi yang tidak terlihat ke segala arah. Setiap radiasi menembus 10 ribu kaki.
Karena itu, tegas Sayyid Abdul Basith, Imam Syafi’i menyatakan bahwa Hajar Aswad menca tat nama setiap orang yang mengun junginya baik dalam haji atau umroh sekali saja. Carner menambahkan, batu itu mampu mencatat nama-nama orang yang berhaji dengan radiasi gelombang nya. (voa-islam.com)


sumber voa-indonesia.com

Jumat, 24 Juni 2016

5 Aplikasi Chat buatan Anak bangsa

Perkembangan teknologi mobile saat ini sudah sangat masif. Hampir semua aspek kehiduapn sudah tersentuh oleh internet. Lebih-lebih dalam hal interarksi sesama pengguna. Komunikasi saat ini menjadi tanpa batas dan semakin mudah dilakukan berkat aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh para pengembang. Sayangnya, selama ini pengguna umumnya menggunakan aplikasi-aplikasi 'impor' yang dibuat oleh pengembang luar negeri. Padahal sudah terdapat aplikasi andalan yang juga tidak kalah berkualitas dengan aplikasi buatan luar negeri. Beberapa diantara aplikasi tersebut bahkan sudah menjadi populer di beberapa negara. Penasaran apa saja aplikasi percakapan instan buatan anak bangsa tersebut? ini dia daftarnya. 


1. Catfiz Aplikasi percakapan teks dengan slogan “The Ultimate Android Messenger” ini secara resmi diluncurkan pada 10 November 2012 lalu. Aplikasi buatan PT Dunia Catfish Kreatif Media ini ternyata sangat populer di dunia. Siapa yang menyangka bila aplikasi asal Surabaya ini telah digunakan oleh pengguna dari 70 negara. Arab Saudi, India, kuwait, Jordania, dan Venezuela adalh beberapa neagra yang negara paling aktif menggunakan aplikasi Catfiz.


2. Stealth Messenger Berbeda dari Catfiz, aplikasi Stealth Messenger lebih mengusung fitur keamanan super. Aplikasi ini dikembangkan oleh yaitu Rockliffe yang berbasis di Jakarta namun juga memiliki kantor di California, Amerika Serikat. Aplikasi ini bisa digunakan untuk chatting dan melakukan panggilan pada rekan dan keluarga dengan teknologi enkripsi. Sehingga semua panggilan dan aktivitas chatting yang dilakukan bersifat pribadi. Aplikasi ini dengan berani menyandingkan diri dengan aplikasi chat serupa yang juga diklaim memerhatikan keamanan seperti Telegram maupun Signal.





3. Yogrt Aplikasi Chat buatan anak bangsa yang satu ini lebih menempatkan diri sebagai aplikasi pertemanan baru layaknya Kakao atau BeeTalk. Bahkan aplikasi ini memberikan fitur permainan sebagai pemanis untuk menarik pengguna disegmen anak-anak muda. Aplikasi buatan Kongko Digital yang berkantor di Singapura ini dirilis tahun 2014 di Indonesia dan saat ini telah diunduh lebih dari 500.000 kali. 





4. Imes (Indonesia Messenger) Aplikasi yang mengusung jargon "karya anak bangsa" ini dikembangkan oleh PT Gobsindo Utama yang berbasis di Jakarta dan telah resmi diluncurkan sejak 28 Februari 2015. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh IMES adalah super grup yang bisa mencapai 2000 member. IMES diklaim mampu menggabungkan berbagai macam fitur antara percakapan, kicauan dari tweeter maupun sosial media lainnya menjadi satu dalam aplikasi yang sama.





5.

Iyaa Messenger Aplikasi pecakapan instan yang terakhir adalah IYAA Messenger yang dikembangkan oleh PT IONsoft. Iyaa cukup berani untuk mengusung aplikasi chat dengan konsep yang cukup unik dan terbilang radikal, yakni menggunakan karakter komik sebagai wadah bercakap-cakap. Tidak hanya karakter yang bisa diubah-ubah sesuai selera IYAA juga menyediakan set lokasi maupun elemen-elemen lain yang diatur sedemikian rupa sehingga pengguna bisa merasakan chatting dengan suasana membaca komik. 

sumber: goodnewsfromindonesia.org

Karya anak bangsa yang mendunia

7 KARYA ILMUWAN INDONESIA YANG MENDUNIA

Tahukah anda jika akhir akhir ini dunia memperbincangkan karya karya penemuan hasil anak bangsa. Tentunya hal ini membuat masyarakat bangga menjadi bagian dari Indonesia. jika sebelumnya dalam beberapa buku ilmu pengetahuan sekolah kerap disebutkan penemuan yang diciptakan Thomas alfa Edison, james watt ataupun Isaac Newton bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti nama nama ilmuwan asal Indonesia akan muncul di berbagai buku pelajaran di dunia. Siapa sajakah ilmuwan Indonesia yang karyanya sudah diakui oleh dunia? Berikut ini informasi selengkapnya.

Prof.Dr.Ir. Sedyatmo – Pondasi Cakar Ayam


Nama sedyatmo mungkin masih asing di telinga masyarakat awam di masa sekarang, ternyata dari pemikiran dan kecerdasan beliaulah teknologi pemasangan pondasi yang kokoh diatas tanah labil banyak diterapkan di berbagai bangunan di seluruh dunia.

Prof.Dr.Ir.Sedyatmo adalah putra asli karanganyar jawa tengah, ia adalah tokoh insinyur sipil sekaligus seorang cendikiawan, praktisi, ilmuwan dan guru besar teknik sipil di Institut Teknologi Bandung. Sebagai seorang pejabat di perusahaan listrik Negara, beliau mengemban tanggung jawab untuk membangun menara listrik bertegangan tinggi di daerah rawa rawa di kawasan Jogjakarta. Saat itu dia dihadapkan dengan persoaalan struktur tanah di daerah rawa rawa yang lembek dan labil. Sedyatmo pun berpikir keras untuk mencari metode yang lebih efektive hingga muncullah gagasan mendirikan menara diatas pondasi pelat beton dengan ditopang oleh pipa pipa beton dibawahnya.

Pipa atau pelat beton ini kemudian bersatu dan mencekeram tanah lembek dengan kuat sehingga menjadi dasar menara yang kokoh. Sejak saat itulah nama pondasi cakar ayam muncul. Selanjutnya ia menggunakan teknologi ini untuk proses pembangunan di tanah air. Diantaranya adalah pembangunan lintasan pacu bandara internasional soekarno hatta, serta ratusan bangunan lainnya di dunia.

Kehebatan teknologi pondasi cakar ayam hasil professor sedyatmo mendapat pengakuan paten dari puluhan Negara di dunia.

Ir. Tjokorda R Sukawati – Metode Sosrobahu

Sekitar tahun 1980an, Ir Tjokorda R Sukawati menerima tantangan untuk membangun jembatan layang diatas pdatnya lalu lintas di ibukota Jakarta yang membentang antara Cawang hingga Tanjung priok. Insinyur asal bali ini mengajukan gagasan untuk membangun tiang tersebut sejajar dengan jalur dibawahnya.

Barulah setelah tiang ini didirikan, lengannya yang berbentuk huruf T akan diputar 90 derajat hingga melintang dan siap digunakan untuk jalan beton diatasnya. Ia kemudian menggunakan system hidrolik sehingga lengan beton seberat 180 ton dapat diputar dengan mudah. Dengan efektivitas waktu pembuatan dan minimnya gangguan terhadap arus lalu lintas jalan raya dibawahnya, teknologi ini menuai berbagai pujian dari seluruh kalangan pada waktu itu.

Presiden soeharto yang saat itu ikut menyaksikan kemudian memberi nama sosrobahu untuk metode yang diciptakan Tjokorda R Sukawati ini. sosrobahu sendiri merupakan nama salah satu tokoh sisipan dalam cerita mahabarata. Hasil karya anak bangsa yang membanggakan ini kemudian digunakan untuk berbagai rancangan di dunia. Termasuk diantaranya adalah jembatan Seatle di amerika serikat , jalan raya metro filiphina dan masih banyak lainnya.

Temuan ini juga mendapatkan lisensi hak paten dari beberapa Negara, seperti jepang, Malaysia dan Filipina.

B.J Habibi – Teori Keretakan Pesawat

Pengguna produsen pdrodusen pesawat terbang sama tidak tahu persis sejauh mana bodi pesawat terbang masih handal untuk dioperasikan, pada awal 1990an, musibah pesawat terbang masih banyak terjadi karena kerusakan konstruksi yang tak terdeteksi. Kelelahan pada bodi pesawat masih sulit terdeteksi dengan keterbatasan perkakas. Titik rawan kelelahan ini biasanya terletak pada sambungan antara sayap dan badan pesawat terbang. Atau antara sayap dengan mesin. Elemen iniliah yang mengalami guncangan keras secara terus menerus, baik secara lepas landas ataupun mendarat.

Hingga kemudian pak habibi yang menemukan bagaimana titik kelelahan pesawat ini bekerja, perhitungannya sungguh rinci, sampai pada hitungan atomnya. Oleh dunia penerbangan, teori habibi ini lantas dinamakan crack progression. Hingga membuat nama habibi terkenal dengan sebutan mister crack. Berdasarkan teori ini, pesawat pun dibuat lebih aman. Tidak hanya resiko pada pesawat jatuh, tetapi juga membuat pemeliharaanya mudah dan murah.

Dalam dunia penerbangan, terobosan ini dikenal dengan factor habibi. Dengan begitu daya angkut pesawatpun meningkat dan daya jelajahnya semakin jauh. Secara ekonomi kinerja pesawatpun dapat ditingkatkan lagi.

Dr. Joe Hin Tjio – Teori 23 Kromosom

Seorang ahli psiko kenetics asal Indonesia Dr. Joe Hin Tjio menemukan fakta bahwa kromosom Indonesia berjumlah 46 buah. Melalui penelitian di laboratorium institute of genetics of Sweden university, temuannya ini berhasil mematahkan ahil genetika bahwa jumlah kromosom adalah 48 buah. Ia berhasil menghitung jumlah kromosom dengan tepat setelah menyempurnakan teknik pemisahan kromosom manusia pada gelas preparat yang dikembangkan salah satu docter di texas university amerika serikat pada 1961.

Jika setengah abad lamanya dunia ilmu pengetahuan dari banyak informasi yang mengatakan jumlah kromosom manusia adalah 48. Maka joe hin tjo menemukan fakta bahwa jumlah kromosom manusia sebenarnya adalah berjumlah 46 buah. Penemuan revolusionaer ini tertuang dalam jurnal hereditas kandidovia pada 19 januari 1956.

Prof Dr Khoirul Anwar – Sistem Telekomunikasi 4G berbasi OFDM

Siapa yang menyangka jika teknologi jaringan 4G ternyata ditemukan oleh orang Indonesia, Prof. Dr. Khoirul Anwar dari kabupaten Kediri jawa timur ini merupakan salah seorang ilmuwan yang cukup terkenal di jepang. Ia merupakan lulusan teknik elektro institute Teknologi Bandung pada tahun 2000. Ia melanjutkan pendidikannya di nara institute of sains teknologi jepang.

Professor muda kelahiran 1978 ini berhasil menemukan metode komunikasi yang lebih cepat dengan energy yang lebih sedikit dan peningkatan kecepatan pengiriman data meningkat tajam. penerapan metode ini mampu mengatasi masalah komunikasi di kota besar yang memiliki gedung pencakar langit, maupun di daerah pegunungan. Sebab di daerah seperti ini, gelombang yang ditransmisikan mengalami pantulan dan delay lebih panjang.

Temuan professor khoirul anwar ini menghasilkan penghargaan best paper untuk kategori saintis pada institute of electrical and elektronik enginer teknologi conference pada bulan mei 2010 di Taiwan. Hasil temuan yang telah ia patenkan pun digunakan perusahaan elektronik besar jepang dan cina.

Minto – Kompor Tenaga Surya

Berawal dari pemikiran bahwa semua bahan bakar yang digunakan untuk sehari hari akan habis, seorang pria asal madiun berhasil membuat kompor bertenaga surya pertama di dunia. Temuan ini terpantik dari kenyataan bahwa masyarakat pedesaan di tempatnya tinggal terlalu bergantung pada kayu sebagai bahan bakar pokoknya. Minto kemudian terodorong untuk dapat menciptakan sebuah kompor berbahan bakar sinar matahari.

Ia berhasil memfokuskan tenaga sinar matahari dan mengarahkan reflector secara lurus kepada matahari. Dengan penemuannya ini ia dapat mendidihkan satu liter air dalam waktu lima menit jika menggunakan reflector berdiameter 190 CM. penemuannya ini mendapatkan banyak penghargaan dari berbagai institusi pendidikan di Indonesia. termasuk dari dua presiden Indonesia , Soeharto dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Danny Hilman – Terumbu Karang Sebagai Indikator Siklus Gempa

Danny hilman, doctor geologi yang pernah mengenyam di institute teknologi bandung dan California institute of teknologi ini merupakan pakar gempa. Keahliannya telah diakui oleh berbagai kalangan. Hidup di Negara yang kaya akan potensi gempa bumi, sunami dan letusan gunung berapi membuatnya begitu tertarik terhadap penelitian di bidang kebumian.

Sejak tahun 2000 lalu danny gempar melontarkan prediksi bahwa gempa besar berpotensi terjadi di pesisir barat pulau sumatera. Menurutnya sejarah kegempaan dapat diketahui melalui penelitian terumbu karang yang tersebar di wilayah pesisir sebuah pulau. Dari bentuk bentuk micro atom yang menyerupai topi koboi yang mengetahui jika posisi wilayah barat pulau sumatera pernah mengalami proses naik turun dalam periode ratusan tahun lalu.

Dengan meneliti bentuk dan struktur lapisan karang ini, ia dapat mengetahui jika dikepulauan mentawai pernah mengalami gempa besar pada tahun 300, 1360 dan 1610. Dari penelitiannya ini pula ia memperkirakan jika dalam waktu tertentu potensi gempa yang sama akan kembali terulang.


sumber : asliindonesia.net

Teknologi Masa Depan

5 Teknologi Masa Depan yang Menjadi Umum di 2020

Memprediksi masa depan sudah kita lakukan sejak dulu, dan setelah beberapa milenia, manusia telah memprediksi masa depan berkali-kali, melalui ramalan bintang, aura tubuh, dan lain-lain. Tetapi, ada beberapa jenis prediksi yang lebih sering kita lakukan daripada yang lain. Memprediksi teknologi masa depan adalah salah satunya.

Karya fiksi ilmiah memberi kita gambaran akan kemungkinan di masa depan, tetapi, cara terbaik untuk melihat apa yang akan terjadi di masa depan adalah melihat apa yang terjadi sekarang. Barang apa yang sering dijual, ke manakah arah perkembangan dunia, dan pendapat masyarakat memberikan pandangan terbaik tentang bagaimana masa depan dunia kita.

Dengan pemikiran itu, inilah 5 teknologi yang diperkirakan menjadi umum di tahun 2020.

Tampilan Holografis




Tampilan holografis saat ini semakin dekat dengan realisasi. Satu perusahaan di California yang bernama Ostendo sedang mengembangkan sebuah chipset yang dapat memroyeksikan video di sebuah bidang diagonal sebesar 48 inci. Jika digabungkan, proyektor-proyektor ini dapat membuat gambar yang lebih kompleks. Bahkan, keyboard proyeksi sudah direalisasikan.

HP sedang mengembangkan interface 3D untuk smartphone, dan ada rumor bahwa iPhone generasi selanjutnya mempunyai fitur interface holografis - 3 dimensi ataupun 2 dimensi.

Sebuah perusahaan di China bernama Takee bahkan sudah meluncurkan smartphone yangbisa menampilkan gambar 3D dengan cara mendeteksi pergerakan mata penggunanya. Smartphone ini bahkan bisa merespon pergerakan jari, sehingga pengguna dapat menggunakannya tanpa harus menyentuh layar. Bayangkan saja bagaimana teknologi ini dapat berkembang 5 tahun ke depan.

Teknologi 4K


Tidak hanya TV, broadcast, streaming media, dan bioskop akan mengadopsi standar 4K (Ultra High Definition) di 2020, atau paling tidak menurut survei yang baru-baru ini dilakukan oleh operator satelit Intelsat, hampir 2/3 responden berpendapat bahwa 4K akan menjadi umum dalam 5 tahun.

Saat ini, cukup sulit untuk menemukan konten yang mempunyai resolusi 4K untuk ditampilkan pada display 4K. Itu karena pembuat hardware dan software sedang menyiapkan standar proteksi konten dari pembajakan. Ini akan berakibat pada mahalnya harga di pasaran. Tapi, seiring dengan semakin umumnya teknologi tersebut, harganya akan menurun.

Virtual Reality


Virtual reality adalah salah satu teknologi yang sudah lama diimpikan oleh para pencinta teknologi, jika ditelusuri mulai dari tahun 1980. Tapi sekarang, virtual reality mulai menjadi kenyataan.

Nama terbesar di bidang virtual reality ada Oculus, yang sudah merencanakan untuk meluncurkan headset ikoniknya, Rift di tahun depan. Tapi ada juga beberapa nama lain yang mulai mengembangkan konsep ini, mulai dari perusahaan kecil seperti Avegant, hingga perusahaan besar seperti Sony.

Kendala terbesar dari pengembangan teknologi ini adalah kecepatan yang dibutuhkan alatnya untuk menciptakan gambar yang sesuai dengan gerakan pengguna. Tapi, pengembang virtual reality sedang mengembangkan cara untuk mengatasi hal ini.

Virtual reality bukan hanya untuk game. Petugas medis bisa menggunakannya untuk pendidikan ataupun persiapan operasi. Arsitek dapat menggunakannya untuk menciptakan proyek dalam tampilan 3D yang impresif. Pertemuan bisnis dan proses pengajaran dapat dilakukan tanpa harus bertemu satu sama lain.

Beberapa Komputer, Satu Sistem

teknologi masa depan 2020 - windows 10
Windows 10 | Credit: pinterest.com

Perbedaan antara telepon, tablet, dan laptop menjadi semakin tidak terlihat. Microsoft Surface ProLenovo Yoga, dan Asus Transformer adalah contohnya. Telefon berukuran tablet, tablet berukuran telefon, laptop dengan desain mobile, dan perangkat mobile dengan fungsi layaknya laptop juga merupakan contohnya.

Karena perkembangan yang semakin menyatu ini, masuk akal bila Microsoft menciptakan sistem operasi terbarunya (Windows 10) untuk semua perangkat. Jadi, PC, Windows Phone, dan bahkan Xbox akan menggunakan sistem operasi yang sama, yaitu Windows 10.

Apple agak ragu untuk menggabungkan sistem operasi PC-nya (OS X) dengan sistem operasi mobilenya (iOS). Tapi hal ini tidak menghentikan Apple untuk memfasilitasi pengembangan secara cross-platform. Sebagai contoh, fitur “Continuity” di OS X 10.10 mengijinkan pengguna yang mempunyai iPhone atau iPad untuk melihat dan merespon notifikasi mobile mereka dari PC.

Android menawarkan fitur yang sama, tetapi hanya untuk komputer yang menggunakan Chrome OS. Untuk anda yang ingin mendapatkan fitur yang sama di Android tanpa harus menggunakan Chrome OS di komputer, maka anda dapat memanfaatkan Pushbullet.

Semua ini menambahkan fakta bahwa gadget di 2020 tidak akan ditentukan oleh ukurannya ataupun sistem operasinya. Gadget atau komputer di masa depan akan berfungsi sebagai otak dari ekosistem komputer dimana telefon, laptop, dan tablet adalah setara.

Internet yang Benar-benar Global


teknologi masa depan 2020 - internet yang global
Semua orang bisa mengakses internet | Credit: monitis.com
Jika menurut anda internet itu merupakan hak asasi manusia (beberapa negara juga mulaimemikirkan hal ini), maka anda harus mencari cara agar orang bisa menggunakannya kapanpun dan dimanapun. Saat ini hanya ada 2 metode (broadband dan nirkabel), keduanya masih terbatas untuk mengakses area terpencil karena dibutuhkan infrastruktur yang memadai.

Jadi, kenapa tidak memancarkan internet ke area terpencil?

Ini kedengarannya seperti fiksi ilmiah, tapi sebenarnya tidak. Google percaya bahwa ia bisa mengirimkan internet nirkabel dengan kecepatan 3G ke daerah terpencil dengan proyeknya yang bernama Proyek Loon. Bagaimana? Dengan cara melepaskan balon khusus setinggi 20 mil ke atmosfer dan membangun jaringan internet nirkabel di udara. Google juga berencana untuk mengirimkan 180 satelit yang akan mengorbit bumi dan memancarkan internet ke negara berkembang.

Facebook juga berencana untuk membuat pesawat tanpa awak bertenaga matahari yang akan terbang mengelilingi bumi non-stop dalam setiap beberapa bulan atau beberapa tahun, “menyirami” bumi dengan akses internet.

Kesimpulan


Di 2020, kita akan menemui teknologi-teknologi spektakuler seperti tampilan holografis, visual reality, teknologi 4K, sistem yang sama di semua komputer dan gadget, dan internet yang benar-benar global yang sudah menjadi umum di masyarakat.


Tapi ingat, semua hal tersusun dari 2 sisi, yaitu baik dan buruk. Semua kemajuan teknologi di atas pasti memiliki sisi buruk. Teknologi 4K yang makin umum akan membuat mata kita lelah karena resolusinya yang tinggi, visual reality bahkan dapat membuat kita lupa akan dunia kita yang nyata, dan mudahnya akses internet menyebabkan percepatan globalisasi, yang tentunya akan mengikis budaya kita.

Internet dan virtual reality dengan mudah memuaskan kebutuhan sosial kita - kadang terlalu banyak sehingga kita akan menarik diri dari masyarakat.  -theatlantic.com

sumber : teknologimasadepan.blogspot.co.id 

Blogroll

Labels