Kamis, 04 Juli 2019

Perkembangan Software dari komputas modern


1.1             Komputasi Modern
Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya. Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.
Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
a)   Akurasi (big, Floating point)
b)   Kecepatan (dalam satuan Hz)
c)   Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
d)   Modeling (NN & GA)
e)   Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)

Komputansi modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
a)   Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
b)   Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
c)   Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
1.2             Perkembangan Software
Sejarah dan perkembangan software terbagi dalam perkembangan era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern. ini berikut perkembangan software :
Era Pioneer
 Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer dengan sebuah program yang digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.
2.Era stabil
Pada Era ini software komputer yang dijalankan bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era stabil ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .
     3.Era Mikro
Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)
     4.Era Moderen
Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.
Perkembangan Software dari tahun ke tahun
1.Tahun 1980-1995
Tim Paterson dari Seattle Computer menulis QDOS yang dibuat dari OS terkenal pada masa itu, CP/M. QDOS (Quick and Dirty Operating System) dipasarkan oleh Seatle Computer dengan nama 86-DOS karena dirancang untuk prosesor Intel 8086 Microsoft : Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan menjualnya ke berbagai perusahaan komputer.Di tahun 1982 Microsoft meluncurkan MS DOS 2.0 Sampai tahun 1995 Micosoft meluncurkan MS DOS yang terakhir yaitu versi MS DOS 6.22 di tahun 1993 Microsoft meluncurkan Windows NT, OS pertama berbasis grafis tanpa DOS didalamnya yang direncanakan untuk server jaringan. Dan di tahun 1991 Mahasiswa Helsinki bernama Linus Torvalds mengembangkan OS berbasis Unix dari sistem operasi Minix yang diberi nama Linux.yang merupakan cikal bakal Distro linux yang sekarang ini di tahu n 1993 Debian Linux Diciptakan oleh Ian Murdock dari Free Software Foundation (FSF).
2.Tahun 1996-2004
di tahun 1996 Microsoft meluncurkan Windows NT versi 4.0, di tahun 1997  Untuk pertama kalinya Apple memperkenalkan penggunaan nama Mac OS pada Mac OS 7.6.,di tahun 1998 Microsoft memunculkan Windows 98 yang sekaligus terdapat didalamnya Web Browser yang dinamai Internet Explorer yang berhasil menumbangkan dominasi Netscape Navigator. Gael Duval dari Brazil mengembangkan distro Mandrake yang diturunkan dari Red Hat. Di Tahun 2000 Mac OS diganti dengan mesin berbasis BSD Unix dengan kernel yang disebut sebagai Mac OS/X. Di tahun yang sama Microsoft meluncurkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT.dan Windows Me yang merupakan versi terakhir dari Windows 98 dan di tahun 2001 Microsoft meluncurkan Windows XP Di tahun 2002 OS buatan anak negeri berbasis Linux mulai bermunculan, diantaranya Trustix Merdeka, WinBI, RimbaLinux, Komura. Di Tahun 2004 Versi pertama Ubuntu diluncurkan dan didistribusikan ke seluruh dunia. Ada beberapa versi distro yang dikeluarkan, yaitu Ubuntu (berbasis Gnome), Kubuntu (berbasis KDE), Xubuntu (berbasis XFCE), dan Edubuntu (untuk pendidikan).
3.Tahun 2005-2014
di Tahun 2007 Setelah tertunda untuk beberapa lama, Microsoft akhirnya meluncurkan Windows Vista.Windows Vista memperkenalkan fitur 3D Desktop dengan Aero Glass, SideBar, dan Flip 3D. Sayangnya semua keindahan ini harus dibayar mahal dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang sangat tinggi. Di Tahun 2009 Microsoft Merilis  Windows 7, Berikut beberapa point penting dari pengujian tentang windows 7 :. Lebih Cepat dan Stabil daripada Vista Memilih Jaringan Wireless Hanya dengan 1 klik dari system tray Library Akan Mengumpulkan System dengan Type yang sama dan SekarangMicrosoft Merilis Kembali Windows 8 yang begitu cepat di rilis dari versi sebelumnya yaitu Windows 7,di Windows 8 ini Tampilannya di rubah total dan User Interaction nya juga berbeda dengan versi versi sebelumnya.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Blogroll

Labels