Definisi New Media
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New
dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New
Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari
segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut
sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer,
atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20.
Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital,
seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat,
mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh New Media adalah
Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.
Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum dan
lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.
Menurut para ahli :
Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar,
2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era.
Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era
telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media
yang berkembang pada era komunikasi interaktif.
Menurut Ron Rice mendefinisikan media
baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya
(baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk
berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.
Sementara menurut McQuail, media baru
adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi
pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer,
keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.
Pandangan terhadap new media
Pandangan terhadap new media dapat
berpengaruh positif dan negatif. Berpengaruh positifnya info dari media sangat
mudah dan sangat cepat,dapat di akses di mana pun serta mendapatkannya sangat
lah murah. Pengaruh negative new media terhadat manusia adalah info dari media
tersebut tanpa batas dan dapat masuknya budaya luar melalui media baru ini,jika
tidak di dasarkan kepada ilmu pengetahuan maka akan menimbulkan hal-hal yang
negative terhadap masyarakat.
Manfaat New Media
Bidang Sosial
Dalam bidang ini banyak menyita perhatian
masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati
masyarakat seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello
dll. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin
komunikasid dengan semua user dibelahan dunia manapun.
Bidang Industri/Dagang
Dalam bidang ini memudahkan bagi siapa
pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah
susah untuk membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new
media pedagang dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa
melalui facebook, twitter atau kaskus.
Bidang Pendidikan
Dalam bidang ini sangat memudahkan bagi
pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui
search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas
E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau
saling tukar informasi.
Bidang Lowongan Kerja
Dalam bidang ini bagi yang ingin mencari
pekerjaan cukup searching di internet lalu mendaftar secara online bahkan bisa
mengikuti tes masuk secara online juga, tidak perlu lagi susah payah datang
dari kantor ke kantor.
Komponen New Media
Pada new media ada beberapa komponen
seperti Pembuat,penyalur dan pemakai juga media yang digunakan agar
dapat berhubungan dengan new media,diantaranya adalah sebagai berikut:
·
Produsen merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new
media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new
media.
·
Distributoradalah sebuah perantara yang menghantarkan sarana media
atau bisa disebut media yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai
sarana itu sendiri.
·
Konsumenadalah orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana
media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.
1.
Internet & Web
2.
Personal Komputer
(PC) / Notebook
3.
DVDs (Digital
Versatile Disc or Digital Video Disc)
4.
VCDs (Compact Discs)
5.
Portable Media
Player.
6.
Mobile Phone.
7.
Video Game/ Game
Computer.
8.
Virtual Reality.
Aplikasi New Media
1.
Jejaring Sosial
Contoh aplikasi new media dalam bidang
jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo messenger, my space, skype dll.
Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di jejaring
sosial ini adalah bisa updates status, upload photo, video call dll. Kelebihan
new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan mudah.
2.
Online Shop
Produk produk sekarang dengan mudah bisa
dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia
maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui facebook, twitter, blog,
website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara cepat.
3.
Informasi/Pendidikan
Untuk mencari segala informasi maupun
berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi
seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun website website lain nya.
Beberapa contoh aplikasi didalam internet
yang mengembangkan new media, yaitu :
Google, Altavista, Yahoo dan website
sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat
didalam website untuk mencari berita.
CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai
website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai
pengganti koran/majalah.
Youtube, seleb.tv, metacafe dan
website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau
menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
Twitter, Facebook, Friendster dan website
sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana
komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
BSE, e-dukasi.net,
ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa
pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku
elektronik (e-book).
Dan sebagainya.
Menganalisa dan Menjelaskan
Fitur New Media
Sip, sekarang kita siap masuk dalam
pembahasan hasil analisa terhadap beberapa contoh New Media yang sedang
berkembang pesat saat ini..
FACEBOOK
Facebook (atau facebook) adalah
sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari
2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari
2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Facebook didirikan
oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan
sesama mahasiswa ilmu komputerEduardo Saverin, Dustin
Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas
untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston,
Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri
kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah
menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
Beberapa fitur-fitur Facebook :
Wall : adalah ruang di setiap halaman
profil pengguna yang memungkinkan teman-teman mengirimkan pesan ke pengguna
agar dibaca sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan ditulis.
Status Update : Facebook memiliki fitur
bernama “status update” (atau “status” saja) yang memungkinkan pengguna
mengirimkan pesan ke semua teman mereka agar dapat dibaca.
Photo Tagging : yang membuat kita dapat
mengetahui nama-nama dari orang-orang yang ada di sebuah foto. Selain itu,
foto-foto yang memuat diri kita pun dikumpulkan jadi satu, sehingga mudah
dicari.
Chat : pengguna facebook dapat
berkomunikasi dengan pengguna lainnya melalui fitur chat. Apabila status
seseorang “online” maka anda langsung dapat bercakap-cakap dengannya.
Games : ada banyak games yang
terintegrasi dengan Facebook. Sebagian besar games tersebut memungkinkan kita
dapat berinteraksi dengan teman-teman kita di Facebook di dalam games tersebut.
Banyaknya games juga didukung oleh diperbolehkannya setiap orang untuk membuat
aplikasi Facebook sendiri.
Notification : memberikan notifikasi
kepada pengguna mengenai update-update terbaru yang berkaitan dengan akun
facebook-nya.
Friend Request : seorang pengguna dapat
meminta kepada pengguna lainnya untuk ditambahkan ke dalam daftar teman
facebook-nya dengan mengirimkan friend request, dan hal tersebut dapat diterima
maupun ditolak.
Kelebihan Facebook :
– Penggunaan facebook sangatlah mudah
dibanding dengan yang lainnya. Tinggal klik dan selesai.
– Facebook merupakan situs jejaring
sosial terbesar saat ini, sehingga pemakainya banyak.
– Upload gambar sangatlah mudah.
– Pemakaiannya gratis dan tanpa batasan.
– Facebook dapat digunakan untuk tempat
bisnis, terlebih untuk sales yang akan mempromosikan produknya.
– Facebook dapat diakses di manapun anda
berada, dan dapat melalui berbagai macam media seperti PC, laptop, netbook, dan
handphone sekalipun.
Kekurangan Facebook :
– Facebook sangat terkenal sehingga
banyak orang yang melakukan plagiat (nama samaran) biasanya mirip selebritis,
jadi tidak tahu mana yang asli mana yang palsu.
– Facebook menjadi ajang penjualan diri.
Maksudnya banyak pekerja seks komersial yang menawarkan dirinya melalui
facebook.
– Lebih dari 60% pelajar di Indonesia
adalah pengguna facebook dan 75% per harinya mereka akan membuka situs ini,
sehingga mengganggu kegiatan belajar mereka.
– Facebook acap kali menjadi tempat
lahirnya isu-isu sosial, diantaranya melakukan pelecehan melaui status,
menghina lewat comment, dll.
Saya akan membahas lebih dalam tentang
newmedia video chat seperti Omegle,Chatroulette,Skype yang kian marak
dipergunakan diinternet khususnya Omegle dan Cliponyou , mungkin kebanyakan
orang sudah tau akan kegunaan web tersebut tetapi akan lebih baik kita
membahasnya agar tau kelebihan dan kekurangan web yang mengusung video chat
tersebut ,pertama-tama kita akan membahas OMEGLE
OMEGLE
OMEGLE adalah
situs obrolan online gratis yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi
dengan orang asing tanpa mendaftar. Situs ini dibuat oleh Leif K-Brooks
dari Brattleboro, Vermont, dan diluncurkan pada tanggal 25 Maret
2009 Kurang dari sebulan setelah peluncurannya Maret 2009, Omegle
mengumpulkan sekitar 150.000 tampilaan halaman hari, dan Maret 2009
situs memperkenalkan fitur konferensi video. Situs ini sekarang menyediakan
aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna chattingdengan
orang asing dari perangkat mobile.
Kelebihan
o
Sangat menarik bagi pengguna karena mendapatkan pertemanan
dengan sistem acak.
o
Selain chat menggunakan text sekarang omegle bisa digunakan
dengan start a chat by video.
o
Omegle tidak membutuhkan pendaftaran atau pembuatan akun.
o
Mudah digunakan bagi para pengguna, karena saat mengakses situs
omegle pengguna langsung di arahkan pada link “Start a chat” untuk memulai
interaksi dengan pengguna lainnya.
Kekurangan
o
Kita tidak bisa mengetahui identitas lawan bicara kita.
o
Terkadang lawan bicara yang tidak welcome, tetapi banyak pula
yang baik.
o
Banyak yang menyalahgunakan situs ini dengan teknologi video
chatnya.
Menurut saya omegle itu situs chatting asing, karena saat
membuka aplikasinya kita tidak usah mendaftar terlebih dahulu tetapi kita
langsung diarahkan ke start chat dan kita juga tidak membuat userID ataupun
foto profile terlebih dahulu untuk chatting dengan para stranger. Pada halaman
chat hanya ada you dan stranger saja, dan kita juga tidak bisa mengetahui
dengan siapa kita chatting? karena tidak ada identitas sama sekali. Apabila
kita Tanya identitas stranger, kita bisa percaya ataupun tidak karena bisa saja
stranger memalsukan identitasnya. Jadi, omegle lebih baik digunakan saat kita
ingin meluapkan amarah ataupun kesedihan kita saja karena curhatan kita tidak
mungkin tersebar dengan orang disekitar kita dan stranger tidak mengetahui
identitas kita.
CLIPONYU
Seiring pesatnya perkembangan teknologi dan internet di
Indonesia, media sosial dan komunitas online juga
semakin populer di kalangan anak-anak muda. Hal itu mendorong lahirnya
media-media hiburan yang menarik dan berbasis komunitas di Tanah Air. Salah
satunya adalah CliponYu, sebuah situs web yang menampilkan aksi anak-anak muda
Indonesia yang kreatif dan berbakat dalam seni.
CliponYu.com merupakan layanan live streaming show pertama di Indonesia, yang dikembangkan sebagai platform sosial dan hiburan, sekaligus sebagai komunitas anak-anak muda kreatif dan berbakat. Layanan ini mempertemukan para host (pembawa acara) berbakat dengan para pengunjung dan penggemar mereka.
Para pengunjung CliponYu dapat menyaksikan para host dalam menampilkan bakat serta keahliannya, seperti menyanyi, menari, dan memainkan alat musik. Mereka juga dapat mengakses fitur online chatting untuk berdiskusi dan bertukar cerita dengan host favorit mereka.
CliponYu.com merupakan layanan live streaming show pertama di Indonesia, yang dikembangkan sebagai platform sosial dan hiburan, sekaligus sebagai komunitas anak-anak muda kreatif dan berbakat. Layanan ini mempertemukan para host (pembawa acara) berbakat dengan para pengunjung dan penggemar mereka.
Para pengunjung CliponYu dapat menyaksikan para host dalam menampilkan bakat serta keahliannya, seperti menyanyi, menari, dan memainkan alat musik. Mereka juga dapat mengakses fitur online chatting untuk berdiskusi dan bertukar cerita dengan host favorit mereka.
Tidak ada komentar:
Write komentar