Rabu, 24 April 2019

Perkembangan Google Drive! sebagai bentuk komputasi modern.

ini ada di lin

Sejarah dan fitur google drive
Semakin majunya teknologi semakin banyak pula kemajuan yang kita rasakan, seperti halnya dalam media internet, sebuah perusahaan terkemuka Google Inc  telah membuat penyelesaian akan masalah media penyimpan. Seperti yang kita tahu bahwa media penyimpanan merupakan sebuah komponen penting dalam sebuah sistem informasi, namun media penyimpanan yang ada sebelumnya masih mempunyai kekurangan diantaranya kapasitas yang terbatas, […]
Semakin majunya teknologi semakin banyak pula kemajuan yang kita rasakan, seperti halnya dalam media internet, sebuah perusahaan terkemuka Google Inc  telah membuat penyelesaian akan masalah media penyimpan.
Seperti yang kita tahu bahwa media penyimpanan merupakan sebuah komponen penting dalam sebuah sistem informasi, namun media penyimpanan yang ada sebelumnya masih mempunyai kekurangan diantaranya kapasitas yang terbatas, keamanan data yang tidak terjamin, kurang mobilitas.Dari hal-hal tersebutlah maka Google menciptakan terobosan terbarunya pada tanggal
24 April 2012 yang diberi nama “Google Drive”. Google Drive adalah layanan penyimpanan dara dan sinkronisasi file dari Google. Dengan kata lain kita dapat menyimpan data kedalam sebuah server yang diakses melalui koneksi internet.

Fitur Google Drive
1.    Media penyimpanan 5GB.
Anda bisa menyimpan segala macam file kedalam Google Drive secara gratis.

2.    Preview isi file
Google Drive mampu mempreview lebih dari 30 tipe file. Dari file dokumen, gambar, video  bahkan file photoshop anda bisa langsung di preview walaupun anda tidak mempunyai photoshop di komputer anda.

3.    Integrasi Google Office Webapp (Office versi Google)
Google Drive terintegrasi dengan Office berbasis web. Jadi, Google Drive tidak hanya untuk mengupload file, bahkan hanya berbekal Web browser dan Google drive anda bisa membuat dokumen Word, Excel dan Presentasi dengan mudah. Cukup dengan Web browser, dimana saja kapan saja. Selain itu, anda juga bisa berkolaborasi dengan rekan anda saat edit dokumen secara realtime.

4.    History document
Google drive juga menyediakan history untuk setiap revisi dokumen yang anda buat. Misal  anda sedang mengedit dokumen hari ini dan ternyata setelah di save, anda ingin kembali ke versi dokumen sebelum di save. Semua itu bisa dilakukan di Google Drive .

5.    Integrasi dengan Aplikasi pihak ketiga
Di internet, saat sudah terdapat berbagai macam aplikasi berbasis web seperti Google doc diatas. Namun bagaimana seandainya anda ingin mengedit foto, merancang diagram dan aplikasi lain? Drive sudah terintegrasi dengan aplikasi berbasis web seperti lucidcart atau pixlr Editor serta beberapa aplikasi lain yang terus bertambah.
6.    Sinkronisasi antar Device
Google Drive memberikan layanan Sinkronisasi antar device, hal ini memungkinkan anda untuk mengkases dan berbagi data melalui device dan melalui sebuah account Google Drive.

7.    Berbagi file dan menempelkan file ke website 
Drive membolehkan anda berbagi file ke orang orang tertentu saja atau share secara global, Selain itu Drive juga membolehkan anda menempelkan dokumen ke dalam blog atau website anda.Dan satu lagi, semua itu bisa anda dapatkan secara GRATIS hanya dengan mendaftarkan di Google account. Artinya, jika anda sudah punya GMail, maka secara secara langsung anda juga sudah punya Google drive.

Kekurangan google drive

1.    Keharusan Memiliki User Google
Setiap pengguna yang ingin menggunakan google drive diharuskan untuk mempunya account Google, karena untuk setiap fitur dari Google anda diharuskan untuk melakukan login terlebih dahulu.

2.    Tampilan Yang Membingungkan
Tampilan atau Desain dari Google Drive dinilai cukup membingungkan bagi pengguna awan, Tetapi dengan adanya fasilitas help (petunjuk), pengguna kembali dimudahkan jika ada kesulitan dalam penggunaannya.



Kiat-Kiat Semangat Belajar
1.     Bergaul dengan orang bersemangat belajar
Teman sangat mempengaruhi diri kita, apalagi jika kita sering bersamanya maka apa yang menjadi sifatnya atau kebiasaannya mudah sekali kita tertular dengan sifat dan kebiasaannya. Teman yang malas dapat membuatmu terpengaruh dan ikut-ikutan malas, kadang kita malas belajar karena teman kita juga malas belajar. Sebaliknya teman yang bersemangat dalam belajar sangat mempengaruhi kita, sehingga melihatnya menjadikan kita ingin mencontohnya. Aura positif yang ditimbulkan dapat menular. Maka pandai-pandailah dalam memilih teman, karena teman sangat mempengaruhi kehidupan kita. Bahkan jika kita ingin mengenal orang lain yang belum kita kenal, kita bisa melihat dengan siapa dia berteman saja kita menjadi bisa mengenalnya.
2.     Buat target yang ingin dicapai
Dalam usaha mencapai tujuan, target sangat penting untuk dituliskan, jangan hanya diinget karena kekuatan otak kita tidak mampu selalu mengingatnya. Tulis target yang harus kita capai pada kertas lalu tempelkan pada tempat-tempat yang sering kita melihatnya, seperti lemari, dinding kamar atau bisa juga ditulis di buku agenda atau diarimu. Dengan menulis target yang akan kita capai ini mempunyai kekuatan yang besar dalam mencapai keberhasilan. Menurut Mario Teguh seorang motivator Indonesia, buatlah anda seolah-olah seperti dikejar oleh seekor anjang. Seseorang yang dikejar oleh anjing maka dia akan berlari sekuat tenaga tanpa memperdulikan bahaya yang rintangan yang ada, dia akan fokus agar dapat selamat dari kejaran anjing tersebut. Jika anda dalam belajar juga seperti hal tersebut maka target akan cepat tercapai.
3.     Menunda kesenangan
Tanamkanlah dalam pikiran anda bahwa sesuatu yang diawali dengan perjuangan pasti akan diakhiri dengan kesenangan dan kebahagiaan. Maka tunda terlebih dahulu kesenangan anda, tetapi ganti dengan melakuakan perjuangan belajar menuntut ilmu, walaupun memang rasanya pahit, tetapi jika kita telah menjalaninya maka kita akan merasakan kenikmatannya. Belajar itu menyenangkan karena kita akan bisa mengerti apapun yang ingin kita katahui. Menunda kesenangan terlebih dahulu demi kebahagiaann panjang selanjutnya tidak ada ruginya, daripada sekarang kita bersenang-senang tetapi kita tidak tahu bagaimana nasib kita dimasa depan tanpa mempersiapkannya sekarang, jadi berjuanglah terlebih dahulu dengan semangat belajar.
4.     Buktikan pada orang-orang bahwa anda pintar
Sebenarnya setiap orang telah diberi kekuatan otak untuk berpikir yang tidak berbeda jauh antara satu orang dengan orang lainnya. Yang menentukan kita pintar atau tidak bukan 100% kekuatan otak tetapi kemauan. Seorang yang memliki kemauan yang tinggi akan mempunyai motivasi tinggi dalam mencapai target. Buktikan kepada orang-orang bahwa anda juga termasuk orang yang mempunyai kemauan yang tinggi, dengan bermodal tersebut maka diri anda akan termotivasi untuk semangat belajar. Semangat belajar yang tinggi akan menjadikan anda lebih pintar. Orang yang pintar sering terkalahkan dengan orang yang rajin dan mempunyai kemauan tinggi. Jadi buktikan bahwa andapun bisa menjadi orang pintar.
5.     Atur waktu belajar
Atur waktu anda dalam segala kegiatan yang akan lakukan. Mengatur waktu akan menjadikan diri anda berlatih disiplin serta tidak bertingkah semaunya sendiri atau sesuai kehendak hati. Mungkin ketika anda sedang patah hati, padahal anda besok akan ujian maka anda tidak belajar. Hal ini hal yang harus dihindari karena belajar tetap harus berjalan. Maka dari itu buatlah jadwal agar anda tidak terbawa emosi dengan perasaan hati anda. Jika anda melihat jadwal anda belajar maka lakukanlah, tetapi bukan berati anda harus benar-benar ketat dengan diri anda sendiri. Jika anda sakit anda bisa beristirahat terlebih dahulu. Jika jadwal anda bermain ya silahkan gunakan waktunya untuk bermain. Dengan mengatur waktu belajar maka anda akan fokus dengan belajar anda, karena waktu bermain, belajar atau yang lain telah terpisah-pisah dengan baik.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Blogroll

Labels