Sabtu, 23 Maret 2013

10 Teknologi Yang Dapat Mencegah Kerusakan Lingkungan

Banyak anggapan dari kaum skeptis bahwa munculnya teknologi hanya dapat merusak lingkungan. Tapi anggapan kaum skeptis ini adalah salah, saat ini ada banyak teknologi yang bermanfaat dan juga ramah lingkungan, diantaranya sebagai berikut :

1. Thermo-depolymerizationproses memproduksi minyak, namun berbahan dasar limbah yang berbasis karbon. Jika limbah itu dipanaskan dengan diberi tekanan yang pas, limbah tersebut akan menghasilkan minyak mentah.

2. Desalinasi air laut: proses menghilangkan kadar garam dan mineral pada air laut yang masuk ke sebuah alat dan menghasilkan air yang layak untuk diminum.


3. Bioremediasi: yaitu peroses pemanfaatan mikroba dan tanaman untuk membersihkan kontaminasi, salah satunya membersihkan kandungan nitrat dalam air dengan bantuan mikroba.


4. E-Book ( elektronic book ): teknologi ini dapat menekan produksi kertas sehingga tidak banyak pohon ditebang untuk produksi kertas.

5. Taman atap rumah: teknologi ini dapat meyerap panas dan mengurangi polusi sehingga membuat lingkungan di sekitarnya menjadi lebih sejuk dan indah.

6. Energi glombang laut: teknologi ini adalah pemanfaatan energi gelombang laun untuk menggerakan turbin sehingga dapat menghasilkan listrik.

7. OTEC : teknologi yang mengkonversikan energi panas laut (thermal) menjadi energi listrik. Perbedaan suhu antara permukaan laut mampu menggerakan turbin dan menjalankan generator.
  
8. Tenaga surya: energi surya yang sampai di bumi berbentuk foton. foton dikonversiak menjadi listrik atau panas.

9. Tenaga hidrogen: bahan bakar hidrogen dianggap sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan yang sekarang digunakan untuk batrai prangkat elektronik seperti HP dan Laptop.


10. Mengubur barang barang pengahsil CO2: metode paling sederhana untuk menekan kandungan zat berbahaya dengan mengubur barang - barang yang menghasilkan CO2 seperti aneka libah elektronik berbahaya.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Blogroll

Labels