Senin, 03 Februari 2014

Menginstal modem yang tidak support di windows 8 Menginstal modem yang tidak support di windows 8

Kali ini saya mau berbagi pengalaman masalah Modem Smartfren AC682 yang tidak mau connect setelah saya menggunakan Windows 8. Kebetulan baru aja Upgrade PC nih pake Windows 8 dan saya pake Modem Smartfren AC682 ini sejak 1 tahun lalu. Pas di Windows 7 jalan Normal, Windows XP juga jalan lancar. Tapi pas pake Windows 8, awalnya bisa. Install Normal, dipake beberapa menit (mungkin 5-10 menit) tiba-tiba disconnect. Muncul peringantan di UI Smartfren "The Modem (or other connecting device is already in use or is not configured properly." Padahal pake Modem temen yang Tipe CE682 bisa loh. Saking stress saya beli modem yang baru Smartfren AC782, awalnya bisa dan udah berbunga-bunga gitu. Tapi setelah beberapa menit, ternyata mati juga. Muncul peringatan yang sama. "The Modem (or other connecting device is already in use or is not configured properly."
Nah, sekarang kita pecahkan masalahnya. Masalahnya ternyata bukan pada Compatibility Windows 8. Toh misalnya tidak kompatibel, kita bisa otak-atik di "Windows Compatibiity Troubleshoot" kan? Andaikan tadinya tidak kompatibel dengan Windows 8, harusnya kita tidak bisa membuka Smartfren UI dari awal.

"The Modem (or other connecting device is already in use or is not configured properly."
Saya cari di Google samapi nemu Trit di Kaskus, tapi masih pada bingung. Jadi saya coba Google tutorial yang bahasa Inggris. Dan, alhamdulillah inilah Triknya.

Masalahnya adalah Port yang digunakan oleh Smartfren dan VPN bawaan Windows yang bertumbukan. Bertumbukan? Maksudnya VPN bawaan Windows dan Smartfren menggunakan Port yang Sama, akhirnya salah satu di-Kill.

Cara mengatasinya lakukan cara berikut:
1. Buka regedit.exe (Registry Editor)
2. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters
3. Klik Edit > New > Multi-String Value.
4. Ganti nama dengan ReservedPorts.
5. Double Klik pada ReservedPorts tadi, masukkan Value Data dengan angka 1723-1723.
6. Restart PC.

Catatan: Lakukan dengan hati-hati. Di sini kita mengubah Port yang bisa digunakan oleh VPN bawaan Windows agar menggunakan Port 1723 saja. Semoga bermanfaat.
Buat agan yang masih bingung, ane siapin Screen Capturenya..




Gimana kalo masih GAGAL? Berikut buat agan yang massih belum berhasil.
Ikuti langkahnya dengan runtut ya,
1. Uninstall Driver Modem Smartfren kamu.
2. Hapus registry yang barusan dibuat yaitu ReservedPorts.
3. Restart PC kamu.
4. Install lagi Driver Modem Smartfren.
5. Masukkan lagi registry ReservedPorts tadi.
6. Banyak berdoa.. :)

Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Blogroll

Labels